decorativeJI, TEMUKAN WARNA IMPIAN dengan TANGAN

DJI in my Hand

Awalnya saya menerima pesan melalui messenger di hape saya, sekilas saya lihat, “ahh.. ada lomba foto lagi nih” pikir saya, basic saya memang hobi fotografi, dan sesekali mencoba di lomba foto, maka ketika ada pesan berupa tautan langsung pikiran saya ke sebuah lomba foto, saya diamkan tautan tersebut sampai malam tiba, karena kesibukan di kantor.

Selepas pulang kantor, sambil santai, saya teringat akan link yang dikirim tadi, saya coba buka, langsung dari hape. Tak butuh lama langsung terhubung ke sebuah poster lomba review app, dan menuliskannya di blog. Hmmm…. Saya tertantang, karena nama-nama yang ada di poster itu menggelitik saya, decorativeJI dan Jotun, apalagi ini, dua kata ini begitu asing di telinga saya.

Singkat kata, saya pun langsung meluncur ke PlayStore, sekilas mendapat info dari deskripsi PlayStore, DecorativeJI adalah aplikasi mobile pertama di Indonesia yang di keluarkan oleh PT. Jotun Indonesia yang memungkinkan pengguna menemukan tentang produk Jotun, Warna-warna, Fengshui, Lokasi Penjualan, Event dan Promo dan ada Game nya juga.

Hanya itu, ya hanya itu info yang ada saat itu, semakin tertantang dan penuh selidik, saya memberanikan untuk langsung install saat itu juga, dan tak butuh waktu lama, sedikit klik dan menanti sebentar, DecorativeJI pun kini bersarang di gadget saya.

000- Instalation

Whats next ?, kesabaran saya hilang, segera saya telusuri app yang masih membingungkan saya, apa hubungannya FENGSHUI, WARNA, JOTUN, PHOTO. Sungguh sebuah korelasi yang absurd saya pikirkan ketika itu.

Saya pun mulai membuka applikasi ini, ada 12 menu yang terpampang di layar gadget di genggaman saya sekarang ini.

1.   PHOTO COLOUR

Perlahan saya klik, karena ini ada foto nya, dan benar saja, di gallery nya terdapat puluhan foto-foto bangunan yang luar biasa megahnya, bangunan yang sungguh berwarna dan variatif dari sudut pengambilan dan komposisinya. Bangunan yang memang pernah saya dengar namanya, namun belum pernah saya lihat penampakannya dalam foto seperti yang di gallery ini. Sungguh indah, meski saya sulit untuk menemukan sang fotografernya, mungkin saja teman saya.. haha…

001 - Photo Colour

Masih di Photo Colour, ada juga sub-menu share photo, yang memungkinkan kita membagi hasil jepretan kita ke yang lain, saya tinggalkan sub-menu ini, masih banyak waktu untuk menelisik lebih jauh hal ini.

2.   WARNAPEDIA

Seperti lumrah “pedia” lainnya, di menu ini saya menemukan arti atau filosofi dari sebuah warna. Ada 10 warna yang terpampang disini, semua bisa di terjemahkan secara simbol dan efeknya. Saya pilih warna favorit saya untuk mencari tahu, Oranye, dan benar saya adalah orang yang Bahagia dan Kreatif [narsis , mode = on]

002 - Warna Pedia

3.   JOTUN GEOMANCY

Disini ada Five Element, Fengshui Colour dan Q&A. Lima elemen utama dari alam semesta (Api, Kayu, Air, Logam, dan Tanah) dipaparkan disini filosofinya oleh siOOmLuRRy dan Bundafira, konsultan fengshui pemilik Geomancy Elements.

Pemilik Geomancy Element ini juga mengulas Fengshui Colour bagi penerapannya di rumah dan kantor, ulasan-ulasan khas konsultan fengshui. Di menu ini juga kita bisa memberikan pertanyaan tentang ruangan/bangunan yang kita ingin mengetahui Fengshuinya, dan saya pun men-submit-nya.

003 - Jotun Geomancy

Menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu, meski saya sendiri termasuk orang yang tak mengikat diri dengan fengshui, tapi pasti ada gunanya, nanti saya ceritakan… eng ing eng…

4.  Q&A

Menu disini berisi tanya jawab seputaran rumah, interior dan eksterior. Semuanya terkait warna, dekorasi, dan penerapannya pada diri dan lingkungan sekitar. Hampir semua terangkum disini ketika membaca beberapa pertanyaan berikut jawabanya.

004 - QA

5.   LET’S COLOUR

Di menu ini ada 3 sub menu yang sungguh berwarna. Colour Consumption, Mix and Match, dan Colour Card.

Di Colour Consumption saya diarahkan untuk dapat mengetahui berapa volume penggunaan sebuah warna untuk area bidang tertentu dengan melalui medium tertentu. Ada 6 ruang (Ruang Tamu, Dapur, Kamar Anak, Ruang Makan, Ruang Tidur dan Eeksterior) dan saya bisa memilih material ruang-ruang tersebut dengan menggunakan Besi, Semen/Beton, atau Kayu. Tinggal memilih, DecorativeJI akan menghitung nya untuk anda.

005 - Lets Colour

Di Mix and Match lebih luas lagi, tersedia 10 ruang bidang yang bisa dikreasikan, imajinasikan, dan impikan sendiri keinginan akan warnanya. Tinggal memilih, DecorativeJI akan mengantarkan visulnya untuk anda.

 Di Colour Card, saya langsung di hadapkan pada beberapa pilihan nama yang benar-benar asing. Ada 7 pilihan disini, dan setiap pilihan membawa saya kesebuah tampilan spesialisasi nama-nama tersebut. Dengan sedikit keberanian, di menu inilah saya mulai menduga, JOTUN adalah sebuah Merk Cat, namun saya masih ragu dan ingin terus menjelajah DecorativeJI ini.

6.   COLOUR POP

Sungguh, pembuat aplikasi ini sangat cerdas, setelah saya mengucurkan keringat dingin menjelajahi 5 menu sebelumnya, tiba saatnya di Colour Pop, dan ini ternyata game, saya pun rehat sejenak dan mencoba santai, permainan yang tetap khas DecoratifJI, permainan tentang cat… hehehehe..

006 - Game

 7.   PRODUCT INFO

Mari kita lanjut, disinilah tebakan saya tadi menjadi kenyataan, ini adalah produk Cat, Jotun. Disini tersedia berbagai pilihan Jotun untuk penggunaan Interior, Exterior dan juga untuk produk pada medium Besi dan Kayu.

007 - Game

Aplikasi yang menarik, tidak hanya menampangkan produknya secara “kucing dalam karung”, disini kita bisa membaca petunjuk penggunaan nya, fitur serta keunggulannya.

8.   STORE LOCATOR

Semakin menarik melihat berbagai keunggulan dan penampilan yang melenakan, saatnya saya menemukan dimana saya bisa mendapatkan produk ini, dan keren !! di sekitar Malang – Jawa Timur, ada 10 tempat yang bisa saya datangi untuk mendapatkan produk ini.

008 - Locator

 9/10.    Articles and Event/Promo

Saya menemukan konten yang sama di menu 9 dan 10. Mungkin kedepannya, di Artikel bisa berisi tentang hal yang umum terkait dekorasi dan pemilihan warna serta perawatan lebih lanjut akan sebuah dekorasi. Sedangkan di Event & Promo tentu saya mengharapkan ada info yang lebih menarik terkait event dan promo produk ini sehingga lebih wah kedepannya.

009-10 Articles Event Promo

11/12.   TWITTER and FACEBOOK

Tak ada yang menyangkal, secanggih apapun aplikasi atau konten, akan sedikit fana/sia-sia jika tak terkoneksi dengan social media yang memang telah menjadi urat nadi keseharian kita semua. Dan di menu ini, DecorativeJI tidak melupakannya. DecorativeJI terkoneksi langsung dengan Twitter dan Facebook. Dengan menu ini kita langsung bisa membaca timeline Twitter @warnaimpian , semacam official akun bagi Jotun dan decorativeJI. Dan dengan koneksi Facebook, mengantarkan kita ke Warna Impian di Facebook.

011-12 Articles Event Promo

12 menu yang ada di decorativeJI seperti yang telah saya review adalah sebuah terobosan. Sebuah terobosan di dunia produk secara umum dan produk cat secara khusus. Jotun Indonesia merupakan bagian dari Jotun Internasional yang berbasis di Norwegia, Jotun memiliki 74 perusahaan di 43 negara yang berbeda dan memiliki 38 fasilitas produksi di 22 negaradengan DecorativeJI semakin menegaskan bahwa meraka adalah pemimpin dari produsen cat di dunia.

Jotun berpikir ratusan langkah kedepan untuk memperkenalkan produk mereka yang mungkin bagi sebagian kalangan sederhana, hanya cat, tapi strategi mereka sungguh modern dengan membuat aplikasi DecorativeJI. Ini zaman nya mobile dan gadget, pemilihan cat dan sekitarnya pun bisa dibuat lebih menarik dan user firendly.

Oh ya, kebetulan secara keseharian, saya bekerja di kontruksi perumahan, dan aplikasi ini sangat membantu tidak hanya bagi arsitek namun juga klien yang ingin memilih warna cat, arsitek langsung bisa mengantarkan pemilihan cat di tangan mereka, dan sedikit bumbu fengshui untuk lebih membantu negosiasi bagi yang mempercayainya. Banyak klien kami yang menentukan sesuatunya berdasarkan filosofi fengshui, inilah yang ingin saya ceritakan tadi, Arsitek dan klien tak perlu lagi harus blusukan ke toko cat hanya untuk pemilihan cat.

Jotun dan DecorativeJI menjadi pilihan, mereka bisa mewarnai rumah impian dengan warna impian hanya melalui tangan !

DJI dear architect

 Akhirnya, 5 star pantas untuk aplikasi yang superb ini.

x003


2 comments

  1. Ulasan menarik. Apalagi saya sedang membangun rumah. Aplikasi ini sepertinya sangat membantu. Apalagi jotun kualitasnya bagus. Terima kasih review ya MAS Iqbal.


Leave a Reply

