SAYA, INTERNET & GAYA HIDUP >> I AM RENEGADE !

I AM RENEGADE !

– SAYA, INTERNET & GAYA HIDUP –

“Kamu seperti Renegade”, ujar seorang teman baru-baru ini kepada saya. Hah??, awalnya sempat berpikir kenapa juga saya bisa dipanggil Renegade, yang biasanya disematkan pada seorang pemburu hadiah yang juga menjadi judul sebuah film yang cukup terkenal pada zamannya.

Ternyata, ungkapan seorang teman tadi setelah melihat fenomena dimana belakangan ini saya beberapa kali memenangkan lomba secara on-line di internet.

Saya seorang pegawai swasta, berdomisili di Malang – Jawa Timur. Dengan jadwal kerja yang padat di sepanjang Senin s.d Jumat, dari jam 08.00 s.d 17.00. Setiap hari, saban minggu, dan mungkin akan terus dijalani bertahun-tahun. Untungnya, saya memiliki hobby memotret sejak 5 tahun silam. Otomatis Sabtu – Minggu menjadi pelampiasan saya untuk terus menjalani hobby saya ini, sekalian tentu saja untuk menyegarkan pikiran setelah bekerja di hari-hari sebelumnya. Sehingga di hari Senin, siap untuk bekerja kembali, tentu saja dengan berharap segera bertemu hari Sabtu lagi, hahay.

Bagaimana Renegade bisa disematkan oleh seorang teman, begini awalnya.

Dengan fasilitas internet di kantor yang free akses sepanjang hari, dengan sukarela, saya memanjangkan jam saya berada di kantor sampai larut malam. Ketika semua karyawan sudah pulang, sambil membereskan pekerjaan hari itu, mulailah saya berselancar di dunia maya.

Situs berbasis social network semacam FB, Twitter menjadi salah satu jujugan. Selain itu juga beberapa situs berbasis komunitas fotografer semacam Fotografer.net dan ayofoto.com. Agar tak ketinggalan berita karena otomatis siaran televisi tak ada waktunya untuk ditonton, vivanews.com dan detik.com menjadi tongkrongan untuk kabar terkini. Untuk mengetahui update harga atau bahkan untuk menyiapkan diri ketika membutuhkan barang-barang, tentu bhinneka.com menjadi andalan saya.

Khusus untuk bhinneka.com, memang sebuah situs belanja yang mampu memenuhi berbagai keinginan saya untuk berbelanja online, sesuai namanya bhinneka, beragam barang pun bisa didapat disini. Gadget terbaru, PC/Laptop ter-mutakhir, atau tentu saja camera dan assesorisnya, semua kebutuhan sekarang yang sebagian besar berbasis teknologi, bisa kita peroleh di bhinneka.com yang tengah dalam sukacita 18 tahun nya. Sebuah usia yang cukup mapan dan semoga terus bertahan sebagai sebuah web belanja online di Indonesia.

Selain mengunjungi web-web yang telah saya sebutkan di atas, “jam malam” saya pun saya isi dengan mencari link-link yang dibagikan oleh teman-teman. Link-link yang sangat menarik perhatian saya adalah link lomba foto. Disinilah awalnya “renegade” menempatkan dirinya, hehe.

Desember 2010,

Saya mengikuti lomba foto online, di lombafotoniasbangkit.com. Lomba foto terbesar sepanjang tahun 2010. Sebuah lomba yang didedikasikan untuk kebangkitan Nias setelah ditimpa bencana Tsunami 2004 silam. Meski tak menang secara penjurian, namun akhirnya saya menjadi 1 dari 3 pemenang Online Voter.

 

Judul Foto : 3 , online voter winner Gambara Nias 2010

Ketika Vote mulai dibuka, bukannya dengan membuat ID kloningan untuk mendapat vote semu yang saya lakukan, tapi satu persatu peserta lomba yang terlihat online di web lomba saya PM untuk menginformasikan foto saya. Dan ternyata berhasil. Saya berhasil memperoleh vote yang real.

Sedikit informasi, ID kloningan jamak dilakukan peserta lomba vote online di internet, tidak hanya di FB dengan jempolnya (like), dimana saja adanya kemungkinan itu ada, dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, sulit untuk di hindari. Namun bagi saya, vote semu/siluman, tidak ada kepuasan didalamnya.

Januari 2011,

01 Januari 2011, Sambil membaca berita-berita terkini di vivanews.com, saya melihat banner adanya Lomba Foto LoL di web tersebut. Langsung meluncur ke TKP Gan… !! hehe… hari itu juga saya memilih foto yang akan saya ikutkan, karena deadline lomba tinggal 3 hari lagi.

Pemilihan nominasi dari seribuan foto dipilih berdasarkan kesesuaian tema (dipilih oleh juri) dan jumlah vote serta koment (ditentukan oleh member vivanews.com). Setelah upload dan syarat terpenuhi, saya tinggalkan lomba tersebut, tanpa ada usaha untuk mengajak member supaya koment atau rate foto saya, karena memang bukan gaya saya, karena penilaian juri yang lebih saya tekankan disini.

Dan, ternyata, meski hanya mendapat 8 komentar dan dikunjungi oleh seratusan orang, foto saya masuk ke nominasi 25 Foto LoL. Mengalahkan foto-foto yang komentarnya bahkan ada yang sampai 1000. Luar biasa.

Tahap berikutnya murni ditentukan oleh system vote, vote yang sah hanya dari member yang sudah memiliki komentar 100 keatas. Bukannya membuat ID kloningan seperti beberapa nominator lainnya yang saya tenggarai. Saya menjalin silaturrahmi ke member-member senior. Tidak hanya di web itu saja, saya jumpai mereka di YM, Twitter, FB. Saya komunikasikan ke mereka. Tentu dengan trik dan teknik tersendiri. Sungguh sebuah tantangan untuk meyakinkan orang yang tidak pernah kita kenal dan bertatap muka untuk bisa yakin dengan kita. Sebuah pelajaran berharga dalam menjalani “hidup” di dunia maya.

 

Judul Foto : Anjing Nampang, Juara Lomba FotoLoL vivanews.com

Vote dari member senior pun akhirnya mengalir dan saya menjadi pemenang pertama di Lomba Foto LoL tersebut.

Februari 2011,

Awal febuari, saya di hubungi ayofoto.com, saya menjadi salah satu pemenang di lomba foto di bagian komentator terpilih periode Januari 2011. Di ayofoto.com, saat sekarang sampai 5 bulan kedepan, tengah ada lomba foto dengan beragam tema setiap periodenya, dan hadiahnya pun luar biasa. Beruntung saya menjadi salah satu pemenang di periode pertama.

Begitulah, beberapa pengalaman saya dalam memenangkan lomba yang ada di Internet. Internet seolah menjadi sebuah kehidupan yang lain yang jauh dari kebisingan, namun justru kita bisa mendapat banyak hal yang lebih jika mampu menggunakannya dengan bijaksana.

Style berinternet kita juga seolah menjadikan refleksi dari karakter kita sesungguhnya di dunia nyata. Banyak hal yang harus terus kita tingkatkan dalam bergaul, berteman, beraktifitas, dan tentu saja berbelanjan online di internet.

Sukses untuk kita semua.

Muhammad IQbal

tulisan ini sebagai bentuk renegade berikutnya, diikutkan pada lomba Bhinneka Blog Competition di http://www.bhinneka.com

pengelola blog m1qbal.multiply.com & m1qbal.wordpress.com , search me with keyword “m1qbal”


2 comments


Leave a Reply

