Aceh Harus Damai

Refleksi 4 tahun MOU-Helsinki 15 Agustus 2005

Ini bukan cerita baru, cerita 4 tahun lalu ketika rakyat Aceh menyambut gegap gempita sebuah proses berliku menuju “perdamaian”. Banyak yang menyambut gembira moment bersejarah bertemunya telapak tangan petinggi GAM-RI di Helsinki Finlandia kala itu.

Di Malang, mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Pemuda dan Mahasiswa Aceh (IPPMA) Malang turun ke jalan-jalan Kota Malang. Dengan personil sekitar 100-an, mereka menyuarakan kegembiraan akan MOU-Helsinki tersebut dengan membagi-bagikan bunga serta mengusung poster-poster syukur atas damainya GAM-RI

mou-02

Mahasiswa Aceh di Malang yang rata-rata masih duduk di semester awal sempat khawatir ketika oleh senior-senior diarahkan untuk menggalang aksi damai menyambut MOU-Helsinki. Mereka takut menjadi sasaran aparat keamanan. Wajar saja, mengingat isu GAM mendompleng gerakan mahasiswa santer terdengar ketika itu.

Namun akhirnya, dengan keinginan yang kuat untuk menyuarakan kebahagian akan sesuatu yang sudah lama dinantikan oleh rakyat Aceh, akhirnya semangat muda mereka kembali bangkit, dan secara cemerlang berhasil menjalankan aksi damai dengan cukup simpatik.

mou-01

Sebuah moment yang tak terlupakan memang. Bergerak serentak sama, menyambut yang telah lama mereka idamkan.

mou-04

Banyak yang berharap perdamaian ini akan terus berlangsung. Semua pihak harus tetap menjaga. Jangan ada darah yang tumpah lagi di nanggroe para syuhada, jangan ada lagi janji kosong, jagan ada lagi cuak-cuak kekuasaan.

mou-05

Sungguh, keinginan bebas dan merdeka serta hidup dalam berkeadilan dan memiliki peradaban yang baik adalah hal yang sangat diidamkan oleh siapapun juga.

mou-03

Sebuah sejarah yang semoga tidak mudah dilupakan…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s