Perjalanan Ke Jembatan Terpanjang

Suramadu Hunting Photo

Suramadu Hunting Photo

Pada tanggal 10 Mei 2009 yang lalu, saya bersama 90 penggemar foto yang tergabung dalam komunitas fotografer.net melakukan hunting foto di Jembatan Suramadu – Jawa Timur. Kumpulan fotografer yang sebagian besar berasal dari Kota Malang dan Kota Surabaya sungguh menikmati perjalanan dalam mengabadikan jembatan terpanjang di Indonesia ini.

Perjalanan dimulai dari Kantor Proyek Pembangunan Suramadu, jam 03.00 pagi para peserta hunting telah berada dibawah hujan rintik-rintik, briefing K3 dan pembagian helm pelindung proyek pun dilakukan disini. Perjalanan kemudian menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak – Surabaya untuk menyeberang ke Pelabuhan Kamal – Madura. Sayangnya, ketika penyeberangan dimulai, kondisi masih sangat gelap, ditambah mendung di langit, sehingga hunting dari feri penyeberangan sangat tidak maksimal.

Pukul 07.00 pagi, peserta hunting sudah berada di CauseWay bagian Madura. Di Cause Way Bagian Madura yang telah selesai 100 persen ini, mulai banyak warga yang berkumpul di ujung jembatan. Ada yang hanya menikmati udara pagi, membawa anak-anaknya jalan-jalan, dan juga sudah mulai ada yang ingin berfoto di ujung jembatan yang fenomenal ini.

Suramadu

Suramadu

Total panjang jembatan Suramadu yang membentang dari Pulau Madura ini sekitar 5 km. Ketika hunting ini kami lakukan, bentang tengah sejauh 2.5 km saja yang masih dalam tahap finishing.

Perjalanan kemudian berlanjut di ke Bentang Tengah (Approach Way). Selama di Approach Way inilah kami bisa langsung melihat proses pengerjaan fisik jembatan. Banyak pekerja proyek yang berasal dari Tiongkok, kehidupan para pekerja yang menempati bagian bawah jembatan pun bisa menjadi sebuah pengamatan yang menarik.

Di bentang tengah ini juga keberadaan 5 pilar yang di topang oleh kabel-kabel besar menjadikan jembatan ini megah terasa. 5 pilar menandakan 5 orang presiden yang telah dimiliki oleh Indonesia. Dari segi keindahan design, kalau boleh jujur, design jembatan ini tampak biasa saja. Namun, jika mengingat Selat Madura yang di lewatinya dan juga jembatan ini akan menjadi Jembatan Terpanjang di Indonesia, semua orang akan mencoba menjejakkan kakinya di jembatan ini.

Sama dengan Cause Way bagian Madura, di bagian Surabaya, ujung jembatan ini pun sudah selesai 100 %. Bahkan, di bagian Surabaya, masyarakat yang menikmati jembatan ini lebih ramai, sebuah potensi wisata mulai bermunculan disisi bagian Surabaya ini.

Selain dapat dilalui oleh kendaraan bermotor, ternyata, disisi kiri-kanan jembatan ini juga disediakan jalur yang akan digunakan oleh kendaraan beroda dua. Jalur ini pun sudah mulai di uji coba kan. Pengaturan jalan masuk di bagian Surabaya pun sudah pernah di ujicobakan. Direncanakan, pada bulan Juni 2009, jembatan ini akan secara resmi di gunakan.

Perjalanan yang memberikan pengalaman yang baru, baik dari segi fotografi, maupun perjalanan itu sendiri. Suatu saat, ingin juga melakukan perjalanan ini kembali ketika jembatan ini telah diresmikan, meskipun itu mungkin akan sangat dilakukan.

Foto Lainnya bisa dilihat di GambaGalakGalak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s