MEMORI INGAT dan LUPA

“Betapa repotnya jika kita mampu mengingat semua hal yang telah terjadi” 
cross mind

cross mind

Kadang kala, saya senang memikirkan hal yang aneh-aneh yang mungkin bagi orang lain sangat tidak biasa, dan inilah yang saya pikirkan beberapa hari lalu, di atas kendaraan yang sedang saya kendarai…ohh..kendaraan yang aneh…ehhh… saya yang aneh…😀

Sering kali kita sentiasa mengeluh, “oughhh… kok bisa lupa yaa…”, atau gumaman yang lain “duhh…. Apa yaaa ?? Dimana sehhh ?? Kapaannnnnnnnnn !!!!???”, dan ribuan kata untuk mengungkapkan kekesalan akibat kita tidak mampu untuk mengingat sesuatu hal, baik itu suatu peristiwa, orang-orang, dan benda yang pernah bersinggungan dengan kita.

Dan, karena hal itu (lupa) kita pun mengutuk diri, menyalahkan diri sendiri bahkan kadang orang lain yang tidak terlibat pun kita salahkan. Bahkan ada yang pontang-panting nyari alternative obat untuk penguat daya ingat.

Kita semua, setelah hidup sekian lamanya tentu saja mengalami ribuan peristiwa. Dan, bahkan secara sederhana dalam sehari jika kita beraktifitas normal (keluar dari rumah) tanpa kita sadari kita telah bersinggungan (berpaspasan) secara tidak langsung dengan ribuan orang yang lalu lalang.

Dan, dengan perkembangan zaman dimana dunia teknologi informasinya semakin menggila dengan berbagai portal social connection selayaknya Friendster, Faceboook, dll kita bahkan bersinggungan secara maya dengan jutaan orang di seluruh penjuru dunia, baik yang kita kenal secara personal maupun yang tak terkenal (bagi kita tentunya).

Alhamdulillah,.. ternyata Allah SWT telah menciptakan sebaik-baiknya makhluk, yang diberi “keterbatasan” daya ingat yang sebenarnya adalah kelebihan yang maha dahsyat bagi kita. Bisa kah anda bayangkan jika kita semua mampu mengingat apa saja…sekali lagi…apa saja yang pernah bersinggungan dengan kita mampu kita ingat. Tentu, hal ini akan membuat kita tidak focus akan suatu hal, akan menjadikan kita begitu tidak produktif. Dan jika ini terjadi, kita akan menjadi orang yang penuh dengan memori apa saja dan mungkin saja akan menjadi “gila” dengan milyaran memori tersebut.

Saya sendiri, suatu waktu, mencoba mereview kembali perjalanan hidup saya, dari saya kecil sampai saya berada disini saat ini. Dan, Alhamdulillah saya tidak mampu mengingat semua perjalanan hidup saya. Saya hanya mampu mengingat potongan-potongan kisah hidup saya, dan jika mau disederhanakan lagi, saya hanya mampu mengingat 2 hal. Yang menarik/bernilai baik dan yang jelek/menyesalkan bagi saya.

2 hal itulah yang mampu kita ingat (baik dan buruk), kita akan susah bahkan tidak mampu mengingat suatu hal yang biasa-biasa saja atau berada ditengah keduanya.

Dan, ternyata, saat sekarang, untuk mengingat sesuatu yang terjadi pada masa lalu telah ada media yang membantu kita untuk itu, meskipun tetap kita tidak mungkin mampu melakukannya (mengingat semuanya). Banyak media yang membuat kita melakukan pencatatan detil terhadap apa yang kita lakukan. Media-media seperti diary di dunia nyata, ataupun blog/situs di dunia maya mampu membantu kita mengingat apa yang sedang kita lakukan saat ini.

Berpuluh tahun kedepan, dengan membuka diary atau blog (jika blog masih ada) setidaknya kita sedikit menemukan titik terang apa yang pernah kita lakukan pada suatu waktu, dengan siapa kita suatu waktu itu, dan segalanya yang berhubungan dengan kita.

Akhirnya, kita memang butuh media untuk membantu kita mengingat. Dan ini juga mampu menjelaskan bahwa anugrah terbesar yang diberi oleh Allah SWT, adalah suatu hal yang sangat berharga.

Ketika kita mampu mengingat hal yang baik, bahagia, dan menyenangkan di masa lalu, disaat itulah kita selayaknya bersyukur. Dan, sebaliknya, kemampuan kita mengingat hal yang buruk, jelek, dan berdosa di masa lalu, disaat itulah kita masih diberi kesempatan untuk senantiasa memohon ampunan dan taubat kepada Allah SWT.

Wallahu ‘alam….


Leave a Reply

