Semangat Muda di Usia 89 Tahun

89 tahun

89 tahun

Ini bukan cerita tentang orang-orang di Cina yang memang masik sangat “produktif” di usia lanjut mereka, ataupun cerita sebagian orang-orang di pelosok dunia yang memegang rekor manusia tertua didunia. Ini sedikit cerita tentang Raden Mas Soetihardjo, bapak kost saya.

“Loh,.. ulang tahun lagi ?, bukannya setengah tahun yang lalu baru dirayakan”, pikir saya ketika diberitahukan agar tak kemana-mana malam minggu ini karena ada sedikit syukuran ulang tahun bapak kost. Ooo… ternyata secara spesial, bapak kost merayakan dua kali ulang tahun, sekali di penanggalan Jawa, dan satu lagi di penanggalan Masehi seperti sekarang ini.

Subhanallah… usia nya 89 tahun…

Rambut full putih, dengan tongkat namun masih tegap berjalan, meski akibat usia yang sangat lanjuuutt matanya menjadi kurang awas lagi, namun kelebihan yang diberikan Allah di usianya yang sekali lagi lanjuuuttt ini adalah pendengarannya masih sangat bermanfaat, sehingga kesehariannya ditemani oleh radio tua kecil isi 2 baterai dan televisi yang dikhususkan untuk memutar cd lagu-lagu keroncong lawas, oh yaa…satu lagi, selayaknya orang-orang masa kini, hp Nokia yang menjadi hadiah dari cicit-nya sentiasa tergantung di lehernya, tentu saja dengan usia dan kondisinya, hp nya hanya untuk menerima panggilan.

4 Generasi

4 Generasi

Selayaknya orang tua yang kesepian (4 orang anaknya semua diluar kota), sekadar menemani dia berbincang di sore menjelang senja mampu mengembalikan romantisme masa lalunya ketika dia hidup di 3 jaman (jaman Jepang, Belanda, dan carut marut Indonesia). Dia mampu menceritakan dengan jelas jalan hidupnya, pernah menjadi sukarelawan dalam perang, sampai menjadi pamong di daerah Mojokerto. 

Bingung juga, menghadiri ultah ke-89 seseorang, bingung mau ngasih apa di usianya yang mungkin tidak banyak orang khususnya di Indonesia mampu melewatinya dengan kondisi dan situasi sepertinya. SMS Maming pun bergerak, kali ini dengan pertanyaan, “Ada ide u ngasih kado ultah bpk kost yg tlh berusia 80 tahun??”, awalnya ku pikir memang usianya “baru” segitu..

Jawaban pun beraneka macam:

Seorang teman yang banyol mengirim “Ksh celana dlm cew…hehehehe… atau kasih istri baru bg, kasian dia gak ada yg ngurus..heheheh…”, hmmmm….jawaban simple dari anak muda yang sedang di mabuk cinta saya pikir.

Yang lebih religius, mengirim pesan “Ksh aja dia baju koko”, dan “Kadoin aja baju koko, sarung ato peci, yg lbh bermanfaat n bs dgunakan. ato gak baju batik. Mereka senang kalo’ ada yang bisa dipamerkan..”.

Yang seneng ditraktir, ngasih jawaban “hmmm…apa ya bang, tongkat atau apa yaa…?? ato party maem bareng aja bang…”, lah kupikir ini juga mau maem….

Ada juga teman ngirim pesan “Buku ?? Alat kesehatan ?? Alat ibadah ?? .. hehehe… Apa Yah ??, banyak pilihan tetap aja bingung kan…89 tahun gituu locchhh…uhuukk…uhukkk…

Sesama anak kost, ada juga ide begini “Isi kadonya dengan senjata mainan tuliskan/bunyikan dgn walkman: “ayoooo ke GAZA…”, kami memang benar-benar paokkkk..!!!

Yahh… begitulah beberapa ide dari teman-teman, namun tak satupun menjadi alternatif. Pilihan akhirnya jatuh ke “MENGHADIRI ACARANYA, NGASIH UCAPAN, BERDOA, dan TENTU SAJA MAKAN-MAKAN”, sebuah pilihan yang anak kost banget…hehehhe…

 

Makan-makan

Makan-makan

Oh yaa… mau tahu apa yang ada dipikiran seorang yang telah berusia 89 tahun, saya sempat menanyakannya, “Pak, apa yang dirasakan setelah usianya nyampe segini ???. 

 

Sebuah jawaban yang santai, tenang, namun penuh arti meluncur, “Saya Merasa Muda Lagi”.

!@#$%^&*()


2 comments

  1. Tapi memang lho, generasi kakek nenek kita jauh lebih sehat dan fit kondisi badannya. Saya saja di rumah sampai malu, nenek saya sudah 84 tahun, masih fit banget … klo jalan wiuuhh cepett hahahaha
    😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s