3 BINATANG YANG BERSAHABAT..

Tentang Persepsi Kita terhadap Apa Yang Kita Lihat dan Yang Kita Pikir

persepsiKonon, kisahnya, ada 3 binatang yang bersahabat, Monyet – KuraKura – KakiSeribu, kemana-mana mereka pasti selalu bersama.

Suatu ketika, tanpa diduga dan dinyana, ketika berjalan-jalan, mereka mendapatkan sebuah bungkusan besar, yang sesampainya di kost mereka, ternyata berisi uang dan perhiasan yang sangat banyak. Setelah sujud syukur atas anugrah itu, bertiga mereka bersepakat untuk membagi isi bungkusan tersebut.

KakiSeribu : “ayoo kita bagi isi bungkusan ini…”

KuraKura : “Setubuh…eee…setujhuuu…”

Monyet : “Aku juga setjhuuuu….tapi lapar nih, gimana kalau kita beli makan dulu, abiss makan ntar baru deh tuh kita bagi…”

Kaki Seribu : “Dasar monyet, senengnya makan tempe penyet…yo wess… siapa yang beli?? tapi yang cepet yaa….”

Monyet : ” Aku aja, aku kan cepet…bisa lompat-lompat, beres wess…”

KuraKura : “Aku gak setuju !!! kamu memang cepat, tapi rakusnya kamu sudah diketahui oleh seluruh makhluk dunia ini, makanan aja bisa kamu pegang kiri-kanan, dan simpan di tenggorokan mu pula, bisa-bisa kami gak dapet makanan disini. Aku saja, meski aku lambat, di jamin makanan aman, karena makan ku dikit coyyy….”

KakiSeribu : “Makanan aman memang dicari, tapi cepat juga penting… Ya sudah biar aku aja yang beli… Badan kecilku akan aman untuk makanan, kakiku yang seribu akan menyelesaikan pekerjaan ini dengan cepat”

Monyet & KuraKura :(sambil berpandangan) “Oche dech ach….”

Berangkatlah KakiSeribu untuk membeli makanan, dan termenunglah KuraKura dan Monyet dalam bayangan makanan yang mengenyangkan dan hasil bungkusan yang akan membuat mereka kaya raya tujuh puluh turunan…

Namun, 10 menit berlalu,…. 20 menit berlalu…., bahkan sampai kesabaran mereka berlalu hingga 1 jam, KakiSeribu belum juga kembali, mereka pun khawatir.

Monyet : “Wahhh… ini ada apa-apa nya nih ama si Kaki Seribu, jangan-jangan dia dirampok…ayoo kita susul !!”

KuraKura : “Ayoo…kasihan rek…”

Namun, ketika mereka membuka pintu kostan, ternyata KakiSeribu masih berada di teras rumah mereka….

KuraKura : “Lohhhh……………kok belum berangkat !!?!?!??! “

Monyet : “Iya !!!! Kok belum berangkat siihhhhh !!!!!! “

KakiSeribu : “Sebentar donk…. ini juga lagi pake sepatu !!!”

Monyet & KuraKura : (lemas terkulai dan sesak napas…..)…!@#$%^&*()

 

Nah, begitu juga kita, sering sekali menilai orang hanya dari tampilan luarnya saja. Kita sering sekali menggunakan persepsi-persepsi kita dalam menjalin komunikasi atau sosialisasi dengan yang lainnya.

Bahkan, kita sering sekali salah dalam mempersepsikan diri kita sendiri selayaknya KakiSeribu.

Ayo ber-persepsi yang baik dan benar …. 


One comment

  1. Haha…lutchuuuuu….banget malah,
    Ya, pilihlah Orang yang sesuai dengan kemampuannya..
    kalo bahasa inggrisnya The right man in the right place (Cowok di sebelah kanan udah bener).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s