Welcome Bulan Merah Putih

merah putih kebanggan siapa ?

merah putih kebanggan siapa ?

Agustus datang, bulan merah putih, bulan dimana-mana akan banyak di temui warna merah putih, dan bulan-bulan ini juga akan banyak acara-acara yang saya rasa masih bersifat seremonial. Acara yang hanya dibuat hanya sekedar memeriahkan tanpa memperhatikan esensi dari “hari keramat” tersebut.

Bulan ini bukan kemerdekaan katanya, padahal sejak bulan tersebut ditahun 1945, sadar atau tidak sadar, kita malah telah menyiakan moment yang sangat berharga itu, sehingga apa yang kita rasakan sekarang adalah kenestapaan yang semakin menerpa kehidupan warga negara.

Bagi banyak orang pula, dengan mulai masukknya “bulan merah putih” ini, negara mereka telah berusia 60-an (berapa sih sekarang ??, maaf lupa…), padahal bagi sebagian lainnya mereka tidak pernah meraskan usia yang sudah batas toleransi itu sebagai sebuah kemerdekaa, namun kemiskinan, kesengsaraan, dan ketidakmampuan pemerintah dalam menjalankan amanah founding father-nya dahulu.

Sering, warga negara dengan segala konsekuensinya dianjurkan untuk sentiasa mengingat dan merenung apa makna bulan ini bagi mereka, padahal di lain pihak, yang menganjur malah santai-santai saja menikmati santapan “kemerdekaan” yang mereka raih dengan sudut pandang mereka sendiri, karena mereka yang berkuasa sekarang.

Dan, terakhir, dengan memperingati bulan ini dengan berbagai atribut dan kegiatan, semakin mengokohkan diri kita sebagai bangsa yang hanya bisa berkutat dengan hal-hal yang simbolik dan sangat tidak simpatik.

Selamat menyambut datangnya bulan merah putih !!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s