Kenali HIV/Aids

Logo AidsTanggal 1 Desember setiap tahunnya diperingati sebagi hari HIV/AIDS. Peringatan ini tidak hanya dilakukan di Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Peringaatan ini tidak hanya diperingati oleh pihak pemerintah tapi juga para aktivis kesehatan, perempuan, dan berbagai LSM.

Tapi, sampai saat ini HIV/AIDS hanya diperingati sebagai sebuah seremonial tahunan belaka, belum kelihatan bukti konkrit dari kampanye HIV/AIDS ini. Mereka yang menyuarakan pesan universal dengan kepedulian terhadap penyakit ini hanya kelihatan pada 1 Desember saja. Padahal penyakit ini sekarang menjadi pembunuh no 3 di dunia dan untuk itu dibutuhkan kepedulian ekstra dari berbagai pihak untuk mencermati HIV/AIDS.

Menyedihkan memang, jika kita melihat perkembangan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia ini malah banyak yang menyerang orang-orang yang berada dalam produktifitas tinggi yaitu yang berusia 15-24 tahun. Data pemerintah menyebutkan bahwa penderita HIV/AIDS diperkirakan sekitar 150.000 jiwa dengan jumlah terbanyak pada usia produktif.

Apakah HIV/AIDS

HIV (Human Immuno-deficiency Virus) tentu berbeda dengan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). HIV adalah Virus yang menyebabkan AIDS. HIV – Human, karena virus ini hanya dapat menginfeksi manusia; Immuno-deficiency, karena akibat dari virus ini dapat mengakibatkan penurunkan daya tahan tubuh dalam sistem kekebalan tubuh; Virus, karena organisme ini adalah virus, yang mana sesuai karakteristiknya mampu berreproduksi dengan bantuan dirinya sendiri. Reproduksi ini dilakukan dengan menggunakan sel manusia sebagai medianya.

Sedangkan dinamakan AIDS karena – Acquired, dikarenakan seseorang dapat terkena penyakit ini melalui penularan dari yang lain yang telah terjangkit; Immune, karena penyakit ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang biasanya bekerja untuk mematikan kuman seperti bakteri dan virus-virus; Deficiency, karena penyakit ini menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga system kekebalan tubuh tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya; Syndrome, karena seseorang dengan penyakit AIDS adalah sebuah pengalaman yang sangat berbeda dari berbagai penyakit lainnya

Rata-rata waktu yang dibutuhkan HIV untuk menginfeksi dan memberikan tanda bahwa seseorang telah mengidap AIDS adalah sekitar 8-10 tahun. Waktu ini bervariasi antara seorang dengan yang lainnya tergantung dari kesehatan dan kebiasaan hidup seseorang tersebut..

Gejala HIV/AIDS tidak kasat mata, Namun, yang perlu diperhatikan adalah apakah kita termasuk orang yang beresiko tinggi terhadap penularan HIV/AIDS atau tidak. Ini bisa dilihat dengan lingkungan dimana anda berada dan bergaul. Sehingga kita bisa prepare secara tepat dan cepat dalam penanganannya. Penanganan medis yang tepat dan cepat dapat memperlambat terinfeksinya daya tahan tubuh oleh HIV

Saat ini ada anomali yang menyedihkan di masyarakat, mereka salah menilai terhadap HIV/AIDS, masyarakat kurang paham bahwa penyakit ini bisa menulari siapa saja. Bukan saja pecandu narkoba dan penjaja seks komersial yang rentan terhadap penyakit ini. Orang baik-baik juga bisa terjangkit. Di sisi lain, masyarakat tidak memiliki wawasan yang cukup dan tidak melihat secara objektif terhadap seseorang yang sudah terjangkit HIV/AIDS.

Untuk itulah, kampanye-kampanye kepedulian terhadap HIV/AIDS perlu dimatangkan lagi, sehingga dapat terserap oleh masyarakat. Program-program pemerintah untuk memberantas Narkoba dan meminimalisasi tempat-tempat prostitusi yang memang kalau ingin jujur merupakan lumbungnya penyakit HIV/AIDS perlu dijalankan secara konsisten jikalau kita ingin memutuskan mata rantai penyakit ini. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

[Menyambut Hari AIDS Sedunia pada tanggal 01 Desember 2004, pernah dikirimkan ke Prokon Aktivis Jawapos]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s